oleh

Satu Pohon Berjuta Manfaat, Gerakan Selamatkan Bumi

-Daerah-32 views

Bekasi,Komunitastodays, —Satu pohon berjuta manfaat. Kalimat tersebut terlihat sangat sederhana namun sarat makna reflektif atas apa yang telah kita lakukan dalam upaya bersama sebagai penggiat dan pemerhati lingkungan dan komunitas lingkungan.

LSM Gerakan Untuk lingkungan (GUNTING) dan masyarakat membangun komitmen bersama untuk memberikan kontribusi mendukung pemerintah untuk melestarikan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Ketua Umum GUNTING, Adrie Charviandi mengungkapkan berdasarkan informasi dan data yang didapat bahwa Indonesia berkali-kali mendapatkan perhatian dunia terkait sampah plastik terbanyak kedua di dunia, penyumbang emisi karbon kelima di dunia. Saat ini Indonesia mendapatkan penghargaan kembali sebagai negara nomor satu di Asia Tenggara yang paling berpolusi dan peringkat 17 negara paling berpolusi di dunia.

Untuk menjawab isu lingkungan saat ini dan yang sedang terjadi, GUNTING mengadakan kegiatan diskusi interaktif yang dilakukan secara khidmat dan penuh semangat walaupun kegiatan dilakukan di luar ruang dan menyatu dengan alam. Kegiatan ini mengundang Sony Teguh selaku Penggiat Lingkungan sekaligus Founder RUMAH SOPAN, Slamet Jenggot Seniman Hijau, MS.Cuong Penyanyi Rekor Muri.
Kegiatan diskusi interaktif ini didukung oleh Darling Kampung Sawah Kota Bekasi.

Acara ini bisa terselenggara atas kerjasama dan kolaborasi bersama aktivis dan pemerhati lingkungan untuk membahas dan menggagas dalam upaya memberikan solusi konkrit khususunya dalam tindakan preventif mengurangi dampak polusi udara yang terjadi ujar Ketum Gunting Adrie Charviandi di Bekasi, Selasa (28/06/2022).

“Kegiatan ini bertujuan sebagai sambung silahturahmi bersama secara khusus sesama penggiat lingkungan. Selain itu, sebagai upaya berbagi informasi serta pengalaman terkait masalah lingkungan terkini yang harus menjadi perhatian bersama untuk segera dicarikan solusinya” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama turut hadir Sekretaris Jenderal Gunting Rusdi Legowo, Bendahara Umum Asep Syaiful Anwar serta masyarakat sekitar Kampung Sawah, Karang Taruna Pancasila 03 dan Karang Taruna Unit 01 Jatikramat, Komunitas Budidaya Ikan Air Tawar Jatisampurna, Para Tokoh Penggiat dan pemerhati Lingkungan Kota Bekasi serta Organisasi dan Komunitas Lingkungan lainnya.

Gerakan Untuk Lingkungan (GUNTING) adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang berbadan hukum dengan nomor AHU-0001241.AH.01.07.
Memiliki Visi – Misi mewujudkan suatu tatanan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan di masyarakat yang adil dan berkesinambungan yang dapat menjamin hak-hak rakyat atas sumber-sumber kehidupan dan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari fungsi dan peran pengabdian organisasi kepada masyarakat dan semua kalangan untuk bersama-sama berperan aktif mendukung pemerintah dari mulai tingkat RT sampai pemerintah pusat.

Pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup, merawat dan melestarikan lingkungan sekitar, meninimalisir dampak pencemaran dan mencegah dampak pencemaran yang lebih luas merupakan hal yang serius dan harus ditangani secara langsung dan mendesak, komprehensif dan harus menjadi gerakan bersama dari berbagai kalangan masyarakat, tutup Adrie Charviandi.(Riko)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed