oleh

Vaksinasi Booster Di Kembangan Didukung LIONS CLUB Distrik 307 A1

Jakarta,Komunitastodays,-Lions Club Distrik 307 A1 mendukung vaksinasi booster bagi masyarakat di Kelurahan Meruya Selatan , yang digelar pada Senin (17/1/2022). Posko vaksinasi booster pun didirikan dalam kerjasama dengan PT Chandra Asri, Kemenkes, Pemkot DKI Jakarta Barat, dan ABUPI.

“Vaksinasi Booster ini diberikan untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas yang telah melewati waktu 6 (enam) bulan sejak mendapatkan vaksinasi dosis lengkap 2 kali suntik,” kata Drg Yenni Fry, Ketua Panitia Kegiatan Vaksinasi.

“Bagi warga yang akan mendapatkan vaksinasi booster (penguat) harus memperlihatkan tiket vaksin ke-3 (Booster) melalui Aplikasi Peduli Lindungi,” ujar Yenni Fry.

Di RPTRA Manunggal Selatan, pusat kegiatan ini, ada dua kegiatan penting yang dilakukan. Pertama, pelayanan vaksin primer (dosis 1, 2) berupa vaksin sinovac. Kedua, pemberian vaksin booster, yang pertama kali dirilis pemerintah pada 12 Januari 2022 lalu.

“Kami dari puskesmas mendapat dukungan dari para sponsor, untuk melaksanakan pelayanan vaksinasi booster ini di RPTRA Manunggal,” jelas Dokter Yenni.

Kegiatan vaksinasi ini dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko. Yani Purwoko menyampaikan apresiasinya dan mengucapkan terima kasih atas kolaborasi Chandra Asri, Lions Clubs Indonesia Distrik 307-A1 dan ABUPI yang mendukung upaya pemerintah dalam percepatan program vaksinasi di Jakarta Barat.

“Chandra Asri membantu dan mendukung program pemerintah untuk mempercepat pemberian vaksinasi Booster kepada warga agar target herd immunity tercapai dan terhindar dari penularan Covid-19,” kata Edi Rivai, Direktur PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Presiden Lions Club Jakarta Jayakarta Dr. Victor Pudjiadi, SpB, FICS, DFM, menambahkan, kegiatan ini sejalan dengan fokus Lions Club sebagai organisasi pengabdian yang beranggotakan orang-orang yang mempunyai jiwa sosial dan pengabdian yang tinggi, tanpa memandang latar belakang suku ras ataupun agama.

“Prinsip kami adalah gotong royong, banyak memberi, dan berbagi, baik bantuan moril, materil kepada sesama umat manusia,” tutur Dr. Victor.

Posko Vaksinasi Booster ini akan dibuka selama 5 (lima) hari, mulai Senin (17/1/2022) sampai Jumat (21/1/2022) di RPTRA Manunggal, Meruya Selatan, kembangan, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Sementara, Letkol Ahmad, Ketua RT 02 RW 07 Kembangan, Kelurahan Meruya Selatan, mengatakan, warga RW 07 menanggapi positif pelaksanaan vaksinasi penguat (booster) di wilayah mereka. Hampir 50 % warga lansia di RW kami yang sudah mendatangi puskesmas untuk divaksinasi booster.

Untuk vaksinasi anak (6-11 tahun) di kelurahan ini angka penerimaannya semakin tinggi. Karena pihak RT dan Puskesmas rajin memberi edukasi kepada anak-anak. Mereka juga memberikan makanan, coklat, dan hadiah kepada anak-anak itu. Dan, pada akhirnya anak-anak itu menjadi berani disuntik.

“Hari ini, antusiasme masyarakat terlihat sangat tinggi. Mereka datang ke sini. Mereka akan menerima vaksin Pfizer. Pelayanan vaksin ini cukup unik maka penanganannya perlu kehati-hatian. Hari ini hanya diberi kuota 120 orang yang divaksin booster,” jelas Yenni Fry.

Presiden Lions Club Jakarta Jayakarta, Brigjend Dr. Victor Pudjiadi, SpB, FICS, DFM, mengatakan, ini gabungan dari beberapa Lions Club dan disponsori oleh beberapa sponsor yang sejak Minggu (10/1/2022) lalu melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

Lions Club membangun kerja sama dengan banyak pihak, terutama di 5 bidang ini, pertama, memberi bantuan untuk orang miskin (makan, sembako, dll); kedua, di bidang lingkungan hidup. Misalnya, baru saja terjadi rekor nasional Lions Club mengajari masyarakat membuat dan memilah sampah dari rumah, dan dijual ke bank sampah. Ketiga, pengobatan gratis mata; keempat, pemeriksaan diabetes; kelima, kanker pada anak.

Lions Club adalah club sosial terbesar di dunia dan sudah 43 tahun hadir di Indonesia, bergerak di semua bidang dan bekerja sama dengan banyak lembaga, baik swasta maupun pemerintah. * (Rika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed