oleh

Bangkitkan Ekonomi Lewat Festival Kuliner Minangkabau

-Berita, Parbud-118 views

Jakarta,Komunitastodays,-Festival Kuliner Minangkabau dengan tema “Masakan Minang Meningkatkan Imunitas” digelar di City Plaza Jatinegara, Jl. Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/1/2022).

Festival yang akan berlangsung selama tiga hari, mulai 7 – 9 Januari ini, selain menghadirkan festival makanan, juga digelar seni tradisional Minangkabau seperti tari, lagu, randai, silat, rebab, saluang, tambua tansa, sulap, kim, bansi, dan hiburan para artis Minang.

Menurut Pimpinan Jenderal Manajemen City Plaza Jatinegara, Sisco, kegiatan kuliner ini merupakan bagian dari upaya membangkitkan kembali UMKM di Jakarta, terutama UMKM budaya Minang, supaya tetap berkarya di masa sulit, pandemi, ini.

Konsep yang diusung dalam kegiatan ini merupakan kombinasi antara nilai kebudayaan Minang dan kuliner.

Sementara Ketua Panitia Bapak Ari menjelaskan, tujuan hajatan ini untuk meningkatkan UMKM orang Minang di perantauan, khususnya di Jakarta.

“Sebagai orang perantau, dari Sumatera Barat, kegiatan seperti ini tentu meningkatkan persaudaraan kami, perantau Minang, di Jakarta. Selama dua tahun pandemi, tentu saja UMKM kita sangat terdampak. Festival ini coba membangkitkan kembali usaha menengah kecil masyarakat,” Ari.

Harga-harga menu yang ditawarkan dalam festival ini cukup terjangkau konsumen. Ini menjadi momen untuk warga Minang dan lainnya untuk mencicipi kuliner Minang.

Ada 25 UMKM yang terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan selama tiga hari di City Plaza Jatinegara, Jl. Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur.

Ada kisah panjang di balik kuliner Minang, yang bertebaran di hampir seluruh daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Di situ tak hanya makanan yang dicicip, melainkan ada kisah-kisah budaya dengan nilai-nilai luhur Minang yang bisa dibatinkan, dari generasi ke generasi. * (Rika)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed