oleh

Aktivitas Pedagang Pasar Senen Masih Menyisakan Kemacetan

Jakarta,Komunitastodays,- Aktivitas ekonomi di Pasar Senen, Jakarta Pusat, akhir-akhir ini semakin meningkat tajam. Sebagai salah satu pusat perdagangan. Pasar Senen dikerumuni banyak masyarakat yang datang, baik sebagai pembeli maupun sebagai pedagang.

Kepadatan pun terjadi di lokasi ini. Para pedagang menjajakan barang dagangannya yang dicari pembeli. Walau sudah ada pembagian lokasi untuk mereka, namun tak bisa diharapkan soal keterlibatan itu datang dengan sendirinya. Di situlah pentingnya para petugas yang mengatur para pedagang dan pembeli.

Di Blok 3, misalnya penuh dengan pedagang. Kami lakukan pengamanan di sini. Para pedagang itu mulai membuka penjualannya pada pukul 22.00 WIB. Kalau Jumat dan Sabtu, mereka buka pukul 24.00 WIB. Sudah jadi pemandangan biasa, parkiran di pasar sayur setiap saat terjadi kemacetan. Para petugas, dari tiga pilar, selalu melakukan penyisiran agar semua pedagang tertib berdagang.

Petugas satpam di Pasar Senen berusaha untuk menjaga dan menata lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama agar semua aktivitas lancar.

“Kami melakukan kontrol rutin setiap hari, pada pagi dan sore hari di mana terjadi kemacetan. mereka meminimalisir terjadinya kerumunan yang menimbulkan kemacetan dan parkir liar. Kalau tidak dilakukan penindakan, mereka akan makin tidak teratur,” tutur Erwin Cahya Kusuma,yang sedang bertugas pada Kamis (18/11/2021).

Tindakan tegas terhadap kendaraan parkir sembarangan
Dishub selalu konsisten mengontrol dan menertibkan kemacetan di Senen. Masih banyak kendaraan yang diparkir sembarangan. “Kami lakukan operasi cabut pentil kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan raya. Namun, kami pun tidak bisa arogan. Semua lagi susah. Namun ketertiban itu penting demi kelancaran beraktivitas dan mencari kehidupan.

Erwin Cahya Kusuma selaku Kasat Pol PP Kecamatan Senen bersama para petugas lainnya lebih banyak melakukan himbauan, juga tindakan persuasif. “Memanusiawikan mereka yang sedang berusaha. Namun kami tidak membiarkan untuk melanggar ketertiban,” tegasnya.

Di kecamatan Senen terdapat 6 kelurahan. Para petugas dari kecamatan dan kelurahan diperkuat oleh tiga pilar, selalu ikut berpatroli menjaga ketertiban dan kebersihan. Masalah lain yang selalu berulang adalah para pencopet yang masih beraksi. Belum lagi, ada tindakan premanisme yang mengambil retribusi sesuka hati, di luar kewenangannya.(Rika/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed