oleh

Event Genta Di Gelar Atas Kolaborasi Mio DPW DKI Jakarta Bersenegri Bersama Mio DPW Bali

-Berita, Parbud-168 views

Jakarta,Komunitastodays-MIO DPW DKI Jakarta akan berkerja sama dan berkolaborasi bersama Mio DPW Bali tanggal 9 November 2021 nanti dengan mengelar event Genta yaitu Gelar Nada Nusantara di Venue Royal House Seperti diketahui oleh awak media melalui pesan what’s app yang di kirim keawak media,sabtu (6/11/2021).

Hampir dua tahun para seniman tidak bebas untuk “manggung” secara live, namun mereka tetap bisa berkreativitas dan pentas secara online melalui sosial media. Secara ide, gagasan karya, serta semangat para seniman tidak kendor selama masa pandemi, hal ini dibuktikan akan diselenggarakannya gelar seni persahabatan yang eventnya diberi nama GENTA (Gelar Nada Nusantara). Even ini akan mengambil venue di Royal House (RH) Yogyakarta, pada hari Selasa, tanggal 9 November 2021. Hadir dari Bali adalah seniman/akademisi I Nengah Rata Artana, S.Sn.,M.Sn. yang juga baru saja dilantik menjadi Sekjen MIO DPW Bali, bekerja sama menggarap dan akan menampilkan sebuah karya bertajuk “Senandung Prasanthi” yang akan didukung oleh group Angklung Pawonjogan Yogyakarta binaan Agus Bonang serta dikoordinir oleh Bunda Listy. Garapan ini juga akan didukung oleh RH dari divisi musik, sehingga terjadi kolaborasi rasa, gerak dengan media yang akan dimainkan oleh masing-masing seniman.

Senandung Prasanthi adalah sebuah garapan seni musik, yang didalamnya ada unsur teater, musik dan unsur seni instalasi berupa orang-orangan sawah. Orang-orangan digunakan untuk menakut-nakuti dan mengusir “hama” yang menggangu tanaman para petani yang sudah siang malam bekerja untuk bisa menghasilkan panen. Garapan ini kiranya memberikan inspirasi, bahwa “hama” dan “burung” yang menganggu “ladang subur” Nusantara dapat diusir, agar hasil panen bumi bisa dinikmati oleh rakyat, yang berhak menerima hasi panen tersebut.

Pada event ini juga akan ada pembacaaan puisi ciptaan Bapak Oka, musik Bundengan dari Wonosobo pimpinan Bapak Agus, ada Krishna seorang musisi musik Barat. Pada event GENTA ini juga akan diadakan pelatihan membuat kain Ecoprint, dan pendampingan label produk Herbist, sebuah UMKM yang dirintis oleh Ibu Maria Christiana.

Pagelaran ini mengusung tema Satukan Keberagaman Melalui Seni Budaya yang sudah disepakati oleh sahabat seniman di RH (Bapak Irawan, Mas Bambang), yang nantinya dari event ini akan bisa menghimpun diri untuk sebuah langkah bersama antara Bali dan Jawa untuk melestarikan seni budaya, yang akan dirancang menjadi program Bali-Java Culture Heritage yang pada muarnya akan membawa dampak positif antara lain eratnya tali silahturahmi Nusantara.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, kiranya pagelaran Genta membawa inspirasi yakni semangat untuk mempererat tali silahturahmi nusantara secara khusus di kalangan seniman. Dalam sebuah pagelaran sudah pasti ada unsur gotong royong, kerja keras untuk mewujudkan karya yang akan di pentaskan di panggung.

Demikian pula Royal House (RH) dan ACCA Bali bekerja sama, menyatukan rasa, cipta dan karya dengan konsep gotong royong yang dalam bahasa kekinian disebut kolaborasi. Dari pagelaran ini diharapkan pula akan lahir kerja bersama dengan nama program Bali-Java Culture Heritage.

Event ini juga dikaitkan dengan Hari Wayang Nasional yang jatuh pada tanggal 7 Nopember 2021 dan peringatan Hari Pahlawan Nasional pada 10 Nopember 2021 dengan tema: Pahlawanku Inspirasiku. Semoga tema ini juga memberi semangat agar spirit berjuang, rela berkorban yang dimiliki oleh pahlawan kita, menjadi spirit bagi para seniman untuk terus melestarikan, mengembangkan seni dan budaya nusantara. Langkah pelestarian dan pengembangan seni dan budaya di Nusantara ini telah dilindungi oleh Undang-Undang Pemajuan Kebudayaaan yakni Undang-Undang No. 5 Tahun 2017, yang mana pada Bab 1 pasal 3 di dalamnya bahwa asas pemajuan kebudayaan terdiri atas asas toleransi, keberagaman, kelokalan, lintas wilayah, partisipatif, manfaat, keberlanjutan, kebebasan berekspresi, keterpaduan, kesederajatan,dan gotong royong. Sukses untuk Genta 2021.

Ketua Mio DPW Jakarta Kombes Pol (P)Ir Agung Karang ini menjelaskan setelah event Genta (Gelar Nada Nusantara) pada tanggal 9 November 2021 akan disusul juga Tgl 10-11-2021 dengan acara Pelantikan Mio DPW Provinsi DIY dan juga perayaan Hari Pahlawan diteruskan dengan acara ulang tahun ketua Mio DPW DIY Ibu Novi dan HUT MIO Indonesia Ke Satu.
jelas Ketua Ir.Agung Karang yang juga asli orang Bali ini.

Ketua DPW MIO DKI Jakarta Kombes Pol (P) Ir.Agung Karang Menyampaikan event Genta di Yogyakarta ini didukung oleh Mio DPW DKI Jakarta dan Mio DPW Bali Karena Yogyakarta adalah sama-sama merupakan Destinasi Pariwisata yg sudah terkenal di Mancanegara.”ujar Ir Agung Karang.

Selain itu Ir.Agung Karang juga menjelaskan dalam acara event Genta tersebut juga berkesempatan hadir Ketua MIO DPW Bali Bramono Sitanggang dan Sekretarisnya I Nengah Rata Artaya S.Sn. M.Sn .berserta rombongan dari DPP MIO dan dari perwakilan DPW Mio yang sudah dilantik.(Ferry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed