oleh

Lomba Seni Dalam Menyongsong Sumpah Pemuda Di Yogyakarta

-Berita, Parbud-205 views

Yogya,Komunitastodays,- Ditengah penurunan angka pandemi covid-19 di Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menggelar kegiatan Gebyar Sumpah Pemuda di Atrium Mall Malioboro, sejak 22 Oktober hingga 28 Oktober 2021.

Sejak kegiatan ini digelar, Mall Malioboro menjadi ramai dan menarik perhatian pengunjung, termasuk para wisatawan mancanegara yang datang melihat dari dekat seluruh kegiatan itu. Seperti terlihat pada hari itu, Jumat (22/10/2021) ketika lomba nyanyi digelar, banyak pengunjung yang memadati Mall Malioboro, Yogyakarta. Ada 35 peserta yang tampil dalam lomba tarik suara ini, dengan usia 12 – 25 tahun dan kebanyakan datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Dewan juri kemudian memutuskan, setelah diseleksi secara ketat, 10 peserta yang maju ke final, yang akan digelar pada Minggu (24/10/2021) di tempat yang sama.

Ketua Panitia Penyelenggaraan Acara Gebyar Sumpah Pemuda, Chionia Mizerofa Gaby Anjani Aryudi, mengatakan lomba kontes seni di Atrium Mall Malioboro ini digelar dalam rangka menyongsong Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 yang jatuh pada Kamis depan.

Menurutnya, kegiatan ini untuk menggali potensi anak muda di Yogyakarta, yang pada pandemi covid-19 tak bebas mengekspresikan kreativitas mereka. Melihat kondisi ini, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta berinisiatif membangkitkan kembali semangat dan kreativitas kaum muda dengan sejumlah gelaran seni budaya.

“Pesertanya adalah kaum muda yang datang dari beberapa kemantren yang ada di Kota Yogyakarta,” kata Ketua Panitia. Mereka ada yang mahasiswa, pelajar dan pekerja, namun aktif berkontribusi dalam wadah pemuda wilayah mereka.

“Kami diberi tanggung jawab oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga untuk mengadakan acara kontes pada Hari Sumpah Pemuda, dan bekerja sama dengan pemuda wilayah,” jelas Chionia Mizerofa Gaby Anjani Aryudi. Menurutnya, kegiatan ini sudah dipersiapkan selama sebulan sebelum digelar.

Adi Kuncoro, penanggung jawab acara di di Atrium Mall Malioboro, Jl. Malioboro No 52-58, Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, ini mengatakan, sesungguhnya ini kegiatan rutin setiap tahun, yang sudah selama enam kali.

“Sekarang ini, kita harus bisa hidupkan semangat hidup baru (new normal) bersama pandemi covid-19. Kita harus bisa beradaptasi dengan covid19. Kreasi pemuda harus bisa berdampingan dengan covid,” tuturnya.

Menurutnya, menghayati Sumpah Pemuda dalam konteks saat ini, pertama-tama menunjuk pada bagaimana ia mampu memantapkan diri sendiri, bukan dalam arti individualis. “Kita tetap bekerja bersama-sama untuk membangun bangsa dalam situasi apa pun, dan kita membangun bangsa itu mulai dari diri kita sendiri. Misalnya dengan terlibat aktif di pelbagai kegiatan organisasi atau pemuda wilayah kita,” katanya.

Pemuda wilayah merupakan wadah yang menghimpun dan mengorganisir para pemuda yang ada di wilayah-wilayah, di Yogyakarta.

Selama seminggu digelar banyak acara lomba yang digelar di kalangan anak muda Yogyakarta, seperti kontes seni, fashion, pemuda mencari bakat, nyanyi, dan lainnya dengan acara puncaknya pada 28 Oktober, yang akan diadakan di ruang terbuka (outdoor) di Malioboro dan diisi dengan acara orasi dan mendeklarasikan kembali semangat Sumpah Pemuda.

Adi Kuncoro berharap agar kaum milenial Yogayakarta tidak cepat menyerah, namun tetap bergiat. Dan karena covid-19 tetap ada, maka kaum muda harus berusaha menjaga diri sendiri agar tak terkonfirmasi covid-19 dan menjaga orang lain pula agar tak terkena covid-19.* (Rika/Novrita)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed