oleh

Pewayangan Tutup Rangkaian Kegiatan HUT Ke-265 Kota Jogjakarta

-Berita, Parbud-172 views

Jogja,Komunitastodays,- Seluruh rangkaian kegiatan merayakan HUT ke-265 Kota Jogja berpuncak pada gelaran

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC), tadi malam, Kamis (7/10/2021).

WJNC merupakan karnaval jalanan (art on the street) yang menggabungkan tokoh dan lakon pewayangan. Karnaval ini melibatkan seni koreografi, busana, serta musik kontemporer. Acara ini selalu menjadi agenda tahunan yang ditunggu oleh masyarakat maupun wisatawan di Jogja, dan tahun ini WJNC sudah menjadi Calendar Of Event (COE) nasional.

Penayangan virtual WJNC dilakukan melalui live streaming YouTube pada 7 Oktober pukul 19.00 WIB melalui channel YouTube Pemkot Jogja & Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta sehingga masyarakat, melalui live streaming tetap bisa menikmatinya dari rumah tanpa melanggar protokol kesehatan.

Panitia berharapkan penayangan WJNC secara virtual ini tidak mengurangi nilai dan esensi pertunjukan. HUT ke-265 Kota Jogja ini mengambil tema “Tanggap, Tanggon, Tuwuh”.

Konsep acara pada tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Apabila pada tahun sebelumnya peserta pawai yang bergerak, tahun ini justru penontonnya yang akan berpawai untuk menyaksikan WJNC 2021.

Penonton berkeliling dari Panggung A sampai dengan Panggung B dengan menggunakan Kendaraan Hias. Memadukan konsep bauran antara luring dan daring (hybrid), dengan lokasi utama (main venue) digunakan sebagai master control.

Pementasan WJNC kali ini mengambil tema Semar Boyong. Tema ini diambil sebagai bentuk upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat Kota Yogyakarta dalam memperbaiki keadaan selama pandemi berlangsung sejak tahun 2020.

WJNC tetap menerapkan protokol kesehatan
sesuai regulasi yang berlaku. Panitia berusaha meminimalisir jumlah kerumunan, bekerja sama dengan Kepolisian, Satpol PP dan Kemantren setempat.

Dengan penayangan secara luring dan daring (hybrid) serta pemilihan lakon, WJNC tahun ini dapat menjadi tontonan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kota Jogja.

Seniman lokal seperti Nadaskara, Alit Jabangbayi, Sinden Elisa, digandeng dalam karnaval ini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed